Membagi Segmentasi Target Market Anda

segmentasi-target-market-anda

Membagi Segmentasi Target Market Anda

Sudah memasuki awal tahun 2014. Saat yang tepat bagi Anda para pengusaha atau calon pengusaha untuk merevisi atau membuat target-target bisnis Anda di tahun 2014. Salah satu yang harus mulai Anda pikirkan adalah mengenai target market.
Setiap pengusaha dan calon pengusaha harus bisa menjawab pertanyaan tentang target market bisnisnya. Target market akan menentukan produk apa yang sesuai, berapa harganya dan lewat saluran apa untuk menjualnya serta banyak hal lainnya.
Definisi target market bisa berbeda di tiap orang namun secara sederhana target market adalah “objek jualan” Anda. Akan percuma bila Anda punya produk bagus namun tidak ada yang membeli sehingga penting buat para pengusaha atau calon pengusaha bisa mendefinisikan dan mendeskripsikan target market mereka.
Bagaimana cara menentukan target market Anda, berikut beberapa klasifikasinya
1. Berdasarkan Demografi 
Demografi adalah cara paling sederhana untuk menentukan target market Anda, di dalam demografi ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab
a. Gender : Mayoritas laki-laki atau perempuan kah yang menikmati produk Anda? Selera laki-laki dan perempuan dalam suatu produk bisa berbeda-beda. Contoh : Jika produknya busana, perempuan cenderung suka yang feminim, sementara laki-laki lebih suka yang macho atau tampil elegan.
b. Usia : Berapa kisaran umur dari penikmat produk Anda, ini penting untuk membantu Anda menentukan strategi promosi produk Anda. Bahasa yang digunakan untuk dewasa akan berbeda dengan anak muda.
c. Area  :  Klasifikasi ini bisa  berhubungan dengan banyak hal mulai dari jenis pekerjaan (mata pencaharian mayoritas penduduk), selera konsumen, adat istiadat, perilaku umum, dll. Kenali secara mendalam karakter masyarakat yang menjadi target market Anda.
Contoh : Kaum urban (yang tinggal di tengah kota) bisa mempunyai karakter yang sibuk, cuek, dan ingin cepat.
2. Kelas Sosial 
Untuk mengkategorikan kelas sosial, Anda bisa menggunakan pengukuran yang dilakukan oleh salah satu lembaga riset (Nielsen). Metode yang digunakan adalah pengukuran dari tingkat pengukuran bulanan. Lazim disebut  SES (Social Economic Status).
Pengambilan data untuk SES ini dilakukan di 10 kota besar, dan hasil definisi SES 2010 adalah sebagai berikut :
    SES A: 3.000.000 +
    SES B: 2.000.000 – 3.000.000
    SES C1: 1.500.000 – 2.000.000
    SES C2: 1000.000 – 1.500.000
    SES D: 700.000 – 1000.000
    SES E : < 700.000
3. Psikografi 

Secara sederhana bisa disebut oleh gaya hidup (lifestyle). Dari analisis sederhana saya, ada beberapa jenis  klasifikasinya :
a. Urban/Modis : market ini mengedepankan
b. Gaul : market ini selalu ingin produk-produk yang uptodate
c. Alay : kaum ini cenderung ingin aktualisasi diri
d. Tech Geek  : berisi kumpulan orang-orang yang senang kepada teknologi ( gadget, komputer, dll)
Dengan mengetahui kelas social dari target market anda, akan memudahkan anda untuk menentukan harga produk yang sesuai untuk kelas yang anda tuju.
membagi-segmentasi-target-market-anda
Sumber: portalpengusaha[dot]com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s